Melati

Halo Sobat! , kembali lagi di imaginationisspicy.com . hari ini kami akan membahas salah satu jenis bunga yang menjadi favorit setiap orang, yahh kita akan membahas mengenai bunga Melati, let’s go !!!

Melati adalah tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun. Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan ini merupakan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunganya yang harum. Di Indonesia, salah satu jenis melati telah dipilih menjadi “puspa bangsa” atau bunga simbol nasional yaitu melati putih, karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. melati merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir. Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh), Menyuru(Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar). Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.

itulah sedikit info mengenai bunga melati, semoga kita bisa menjaga dan melestarikan jenis bunga yang satu ini agar bisa terus menghiasi bumi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *