Hortensia

Halo Sobat! , kembali lagi di imaginationisspicy.com . hari ini kami akan membahas salah satu jenis bunga yang menjadi favorit setiap orang, yahh kita akan membahas mengenai bunga Hortensia, let’s go !!!

Hortensia (Hydrangea) merupakan nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan , Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sebagian besar spesies berasal dari Jepang dan Tiongkok. Tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, tetapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Daun berbentuk bulat telur, tepi beringgit, warna hijau muda berkilau. Selain dari spesies yang tumbuh di daerah beriklim sejuk yang memiliki sifat menggugurkan daun, sebagian besar spesies merupakan tumbuhan hijau abadi. Hortensia juga dikenal dengan nama kembang bokor, sedangkan dalam bahasa Melayu dikenal dengan nama bunga tiga bulan. di sulawesi selatan dikenal dengan nama bunga masamba. Perbungaan majemuk, berbentuk malai, keluar dari ujung tangkai, membentuk rangkaian membulat seperti sanggul, di daerah beriklim sejuk mekar di awal musim semi hingga akhir musim gugur. Pada sebagian spesies, malai dari 2 jenis bunga, kelompok bunga yang fertil di tengah malai dan bunga-bunga steril yang berukuran lebih besar terangkai membentuk lingkaran. Ada juga spesies yang memiliki bunga yang semuanya fertil dan bentuknya sama. Pada tanaman ini yang terlihat seperti daun mahkota sebenarnya adalah daun kelopak. Bunga berwarna putih pada sebagian besar spesies, tetapi beberapa spesies terutama H. macrophylla mempunyai bunga yang bisa berwarna biru, merah, merah jambu, atau ungu bergantung pada tingkat pH tanah. Sewaktu masih kuncup, bunga berwarna hijau, berubah menjadi putih, sewaktu mekar berwarna biru muda atau merah jambu yang secara bertahap berubah menjadi warna-warna yang lebih tua tua (biru tua atau merah) sebelum bunga rontok.

Itulah sedikit info mengenai bunga Hortensia, semoga kita bisa menjaga dan melestarikan jenis bunga yang satu ini agar bisa terus menghiasi bumi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *